Senin, 02 November 2015

shorof praktis

STANDAR ACUAN TAKTIS
TAKROR SHOROF KELAS 1 ULA
DOK-TREN AL IHYA’ULUMADDIN

NO
PERTEMUAN KE-
KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI
INDIKATOR
METODE PENYAMPAIAN
1         





I&II
(dua kali pertemuan)
ü Sejarah ilmu shorof (latar belakang dan pengarang)
ü Ta’rif ilmu shorof secara bahasa dan istilah
ü Macam-macam tashrif dan ta’rifnya
ü Ruang lingkup/obyek pembahasan
ü Kegunaaan mempelajari ilmu shorof

ü Mampu menyebutkan latar belakang adanya ilmu shorof dan menyebutkan pengarangnya.
ü Mampu menyebutkan/melafalkan ta’rif shorof (etimologi & epistemologi),
ü Mampu menyebutkan macam-macam tasyrif dan ta’rifnya
ü Hafal  ta’rif shorof
ü Mampu menyebutkan ruang lingkup dan kegunaan mempelajari shorof

ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi latar belakang adanya ilmu shorof dan pengarangnya,Ta’rif ilmu shorof secara bahasa dan intilah,Ruang lingkup/obyek pembahasan, kegunaaan mempelajari ilmu shorof, Macam-macam tashrif dan ta’rifnya.
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
2         


III&IV
(dua kali pertemuan)
ü Mengetahui istilah-istilah dalam tashrif berikut ta’rifn (wazan, muthobqoh, mauzun, sighot)

ü Mampu menyebutkan/melafalkan istilah-istilah dalam tashrif
ü Hafal  ta’rif wazan, mauzun, muthobqoh, dan sighot
ü Mampu menyebutkan Contoh wazan, mauzun, muthobqoh, dan sighot

ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi istilah-istilah dalam tashrif berikut ta’rifnya  (wazan, muthobqoh, mauzun, sighot) dilengkapi dengan masing-masing contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
3         
V-IX
(lima kali pertemuan)
ü Macam-macam bina dan ta’rifnya (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya

ü Mampu menyebutkan/melafalkan Macam-macam bina dan ta’rifnya (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
ü Mampu menyebutkan/melafalkan Macam-macam bina dan ta’rif dari bina Salim serta contohnya
ü Mampu menyebutkan/melafalkan Macam-macam bina dan ta’rif dari bina ghoiru Salim serta contohnya
ü Hafal Macam-macam bina (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
ü Hafal ta’rif biana’ salim,shohih, ghoiru salim
ü Mampu mentashrif masing-masing Bina’ tersebut
ü Mampu menulis tasrif dari masing-masing Bina’ tersebut

ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Macam-macam bina dan ta’rifnya (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
4         
X-XIII
(empat kali pertemuan)
ü Ta’rif isim dan fi’il {isim (masdar ميم او غير ميم  , maf’ul, zaman & makan), fi’il madhi, mudhore’ dan amar} beserta contoh-contohnya
ü Pengertian syad, nadir, beserta contoh-contohnya

ü Mampu menyebutkan/melafalkan Ta’rif isim {isim (masdar ميم او غير ميم  , maf’ul, zaman & makan) beserta contoh-contohnya
ü Mampu menyebutkan/melafalkan Ta’rif Fi’il fi’il madhi, mudhore’ dan amar beserta contoh-contohnya
ü Mampu menyebutkan/melafalkan Ta’rif syad, nadir beserta contoh-contohnya
ü Hafal Ta’rif isim {isim (masdar ميم او غير ميم  , maf’ul, zaman & makan) beserta contoh-contohnya
ü Hafal Ta’rif Fi’il fi’il madhi, mudhore’ dan amar beserta contoh-contohnya
ü Hafal Ta’rif syad, nadir beserta contoh-contohnya
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif isim dan fi’il {isim (masdar ميم او غير ميم  , maf’ul, zaman & makan), fi’il madhi, mudhore’ dan amar} beserta contoh-contohnya. Pengertian syad, nadir, beserta contoh-contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya



5         

XIV
(satu kali pertemuan)
ü Ta’rif fi’il tsulasi  (mujarrod, dan mazid) , beserta contoh-contohnya

ü Mampu menyebutkan/melafalkan Ta’rif fi’il tsulasi (mazid dan mujarrod) , beserta contoh-contohnya
ü Mampu membedakan antara fi’il tsulasi mujarrod dan mazid,
ü Hafal Ta’rif fi’il tsulasi (mazid dan mujarrod) ,beserta contoh-contohnya
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif fi’il tsulasi (mujarrod, dan mazid) , beserta contoh-contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya

6         

XV-XIX
(lima kali pertemuan)
ü Abwab (bab-bab)  dalam fi’il tsulasi mujarod {karakteristik/cirri-ciri, contoh dan faidah aghlab (umum)nya.}
ü Fi’il lazim dan muta’addi
ü Mampu menyebutkan/melafalkan (bab-bab)  dalam fi’il tsulasi mujarod dan contoh mauzunnya
ü Dapat  mentashrif dan hafal bab (wazan) fi’il tsulasi mujarod
ü Dapat  menulis tashrif dari masing-masing bab fi’il tsulasi mujarrod
ü Mampu menyebutkan/melafalkan ciri-ciri masing-masing bab dalam fi’il tsulasi mujarrod serta mampu membedakanya.
ü Dapat menyebutkan faidah umum dari masing-masing bab fi’il tsulasi mujarrod.
ü Dapat menyebutkan dan hafal ta’rif fi’il lazim dan muta’addi, memberikan contoh sertta dapat membedakannya
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Abwab (bab-bab)  dalam fi’il tsulasi mujarod {karakteristik/cirri-ciri, contoh dan faidah aghlab (umum)nya.} Fi’il lazim dan muta’addi
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya

7         





           XX-XXII
(dua kali pertemuan)
ü Abwab (bab-bab) Fi’il ruba’i mujarrod (karakteristik/ciri-ciri, contoh dan Faidah umum dari masing-masing bab)

ü Mampu menyebutkan/melafalkan Ta’rif fi’il ruba’I mujarrod
ü Mampu menyebutkan/melafalkan (bab-bab)  dalam fi’il ruba’i mujarrod.
ü Dapat  mentashrif dan hafal bab (wazan) dari Fi’il ruba’i mujarrod
ü Dapat  menulis tashrif dari masing-masing bab Fi’il ruba’i mujarrod
ü Mampu menyebutkan/melafalkan ciri-ciri masing-masing bab dalam  Fi’il ruba’i mujarrod
ü Dapat menyebutkan faidah umum Fi’il ruba’i mujarrod

ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Abwab (bab-bab) Fi’il ruba’i mujarrod (karakteristikciri-ciri, contoh dan Faidah umum dari masing-masing bab)
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya





EVALUASI
TES LISAN ATAU TERTULIS


Kesugihan, 29 Oktober  2014


TTD


Hilal Musoli 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal Bakti Sosial Pengadaan Mobil Layanan Kesehatan

      PROPOSAL BAKTI SOSIAL PENGADAAN MOBIL LAYANAN KESEHATAN RANTING NU SUMINGKIR TAHUN 2022/2023       ...