STANDAR ACUAN TAKTIS
TAKROR SHOROF KELAS 1 ULA
DOK-TREN AL
IHYA’ULUMADDIN
NO
|
PERTEMUAN KE-
|
KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI
|
INDIKATOR
|
METODE PENYAMPAIAN
|
1
|
I&II
(dua kali pertemuan)
|
ü Sejarah
ilmu shorof (latar belakang dan pengarang)
ü Ta’rif
ilmu shorof secara bahasa dan istilah
ü Macam-macam
tashrif dan ta’rifnya
ü Ruang
lingkup/obyek pembahasan
ü Kegunaaan
mempelajari ilmu shorof
|
ü Mampu
menyebutkan latar belakang adanya ilmu shorof dan menyebutkan pengarangnya.
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan ta’rif shorof (etimologi & epistemologi),
ü Mampu
menyebutkan macam-macam tasyrif dan ta’rifnya
ü Hafal ta’rif shorof
ü Mampu
menyebutkan ruang lingkup dan kegunaan mempelajari shorof
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi latar belakang adanya
ilmu shorof dan pengarangnya,Ta’rif ilmu shorof secara bahasa dan
intilah,Ruang lingkup/obyek pembahasan, kegunaaan mempelajari ilmu shorof,
Macam-macam tashrif dan ta’rifnya.
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
2
|
III&IV
(dua kali pertemuan)
|
ü Mengetahui
istilah-istilah dalam tashrif berikut ta’rifn (wazan, muthobqoh, mauzun,
sighot)
|
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan istilah-istilah dalam tashrif
ü Hafal ta’rif wazan, mauzun, muthobqoh, dan sighot
ü Mampu
menyebutkan Contoh wazan,
mauzun, muthobqoh, dan sighot
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi istilah-istilah dalam tashrif berikut
ta’rifnya (wazan, muthobqoh, mauzun,
sighot) dilengkapi dengan masing-masing contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
3
|
V-IX
(lima kali pertemuan)
|
ü Macam-macam
bina dan ta’rifnya (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
|
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Macam-macam
bina dan ta’rifnya (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Macam-macam
bina dan ta’rif dari bina Salim serta contohnya
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Macam-macam
bina dan ta’rif dari bina ghoiru Salim serta contohnya
ü Hafal Macam-macam
bina (salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
ü Hafal ta’rif biana’ salim,shohih, ghoiru salim
ü Mampu mentashrif masing-masing Bina’ tersebut
ü Mampu menulis tasrif dari masing-masing Bina’ tersebut
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Macam-macam bina dan ta’rifnya
(salim,shohih, ghoiru salim) serta contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
4
|
X-XIII
(empat kali
pertemuan)
|
ü Ta’rif
isim dan fi’il {isim (masdar ميم او غير
ميم , maf’ul, zaman & makan), fi’il madhi,
mudhore’ dan amar} beserta contoh-contohnya
ü Pengertian
syad, nadir, beserta contoh-contohnya
|
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Ta’rif
isim {isim
(masdar ميم او غير ميم ,
maf’ul, zaman & makan) beserta contoh-contohnya
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Ta’rif Fi’il fi’il madhi, mudhore’ dan amar beserta contoh-contohnya
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Ta’rif syad, nadir beserta contoh-contohnya
ü Hafal Ta’rif
isim {isim
(masdar ميم او غير ميم ,
maf’ul, zaman & makan) beserta contoh-contohnya
ü Hafal Ta’rif Fi’il fi’il madhi, mudhore’ dan amar beserta contoh-contohnya
ü Hafal Ta’rif syad, nadir beserta contoh-contohnya
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif isim dan fi’il
{isim (masdar ميم او غير ميم , maf’ul, zaman & makan), fi’il madhi,
mudhore’ dan amar} beserta contoh-contohnya. Pengertian syad, nadir, beserta
contoh-contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
5
|
XIV
(satu kali pertemuan)
|
ü Ta’rif
fi’il tsulasi (mujarrod, dan mazid) , beserta contoh-contohnya
|
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Ta’rif
fi’il tsulasi (mazid dan mujarrod) , beserta contoh-contohnya
ü Mampu membedakan antara fi’il tsulasi mujarrod dan mazid,
ü Hafal
Ta’rif fi’il tsulasi (mazid dan mujarrod) ,beserta contoh-contohnya
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif fi’il tsulasi (mujarrod, dan mazid) , beserta contoh-contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
6
|
XV-XIX
(lima kali pertemuan)
|
ü Abwab
(bab-bab) dalam fi’il tsulasi mujarod
{karakteristik/cirri-ciri, contoh dan faidah aghlab (umum)nya.}
ü Fi’il lazim dan muta’addi
|
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan (bab-bab) dalam fi’il tsulasi mujarod dan contoh
mauzunnya
ü Dapat mentashrif dan hafal bab
(wazan) fi’il
tsulasi mujarod
ü Dapat menulis tashrif dari
masing-masing bab fi’il tsulasi mujarrod
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan ciri-ciri masing-masing bab dalam fi’il tsulasi mujarrod
serta mampu membedakanya.
ü Dapat menyebutkan faidah umum dari
masing-masing bab fi’il tsulasi mujarrod.
ü Dapat menyebutkan dan hafal ta’rif fi’il
lazim dan muta’addi, memberikan contoh sertta dapat membedakannya
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Abwab (bab-bab) dalam fi’il tsulasi mujarod
{karakteristik/cirri-ciri, contoh dan faidah aghlab (umum)nya.} Fi’il lazim
dan muta’addi
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
7
|
XX-XXII
(dua kali pertemuan)
|
ü Abwab
(bab-bab) Fi’il ruba’i mujarrod (karakteristik/ciri-ciri, contoh dan Faidah umum dari masing-masing
bab)
|
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan Ta’rif
fi’il ruba’I mujarrod
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan (bab-bab) dalam fi’il ruba’i mujarrod.
ü Dapat mentashrif dan hafal bab
(wazan) dari Fi’il
ruba’i mujarrod
ü Dapat menulis tashrif dari
masing-masing bab Fi’il
ruba’i mujarrod
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan ciri-ciri masing-masing bab dalam Fi’il ruba’i mujarrod
ü Dapat menyebutkan faidah umum Fi’il ruba’i mujarrod
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Abwab (bab-bab) Fi’il ruba’i mujarrod (karakteristikciri-ciri, contoh dan Faidah umum dari masing-masing
bab)
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya
secara bersama-sama minimal 3 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
|
EVALUASI
|
TES LISAN ATAU TERTULIS
|
Kesugihan,
29 Oktober 2014
TTD
Hilal
Musoli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar