Jumat, 24 April 2015

SILABUS NAHWU

STANDAR ACUAN TAKTIS
TAKROR NAHWU KELAS 1 ULA DOK-TREN AL IHYA’ULUMADDIN

NO
PERTEMUAN KE-
KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI
INDIKATOR
METODE PEMYAMPAIAN
1.
I
(satu X pertemuan)
ð Sejarah ilmu Nahwu (latar belakang dan pengarang)
ð Ta’rif ilmu Nahwu  dan ruang lingkup/obyek pembahasan
ð Kegunaaan mempelajari ilmu Nahwu
ü Mampu menyebutkan latar belakang adanya ilmu Nahwu dan menyebutkan pengarangnya.
ü Mampu menyebutkan/melafalkan ta’rif nahwu  (etimologi & epistemologi), ruang lingkup/obyek pembahasan Kegunaaan mempelajari ilmu Nahwu
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi, Sejarah ilmu Nahwu (latar belakang dan pengarang), Ta’rif ilmu Nahwu  dan ruang lingkup/obyek pembahasan ,Kegunaaan mempelajari ilmu Nahwu
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
2.
II-VI
(Lima X pertemuan)
ð Ta’rif kalam
ð Macam-macam kalam/kalimat
ð Ta’rif isim, fi’il & huruf
ð Ciri-ciri isim, fi’il, & huruf
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti kalam
ü Mampu menyebutkan macam-macam kalam
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti kalimah fi’il. Isim, dan huruf
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ciri-ciri fi’il, isim, dan huruf
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif kalam, Macam-macam kalam/kalimat, Ta’rif isim, fi’il & huruf Ciri-ciri isim, fi’il, & huruf
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
3.
VII-X
(empat kali pertemuan)
ð Ta’rif i’rob
ð Macam-macam i’rob
ð Ta’rif  i’rob rafa’, nashob, jer/khofd, jazem
ð I’rob mukhtas & ghoiru mustarok
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti I’rob

ü Mampu menyebutkan Dan hafal Macam-macam i’rob


ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti I’rob rafa’, nashob, jer/khofd, jazem, I’rob mukhtas & ghoiru mukhtas

ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif i’rob, Macam-macam i’rob, Ta’rif  i’rob rafa’, nashob, jer/khofd, jazem, I’rob mukhtas & ghoiru mukhtas
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
4.
XI-XVII
(tujuh kali pertemuan)
ð Tanda-tanda i’rob rofa
(Dlomah, wawu, alif, dan nun)
ü Mampu menyebutkan Dan hafal tanda-tanda I’rob rofa’ dan penempatanya

ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif  isim mufrod, jamak taksir dan jamak muannas salim, jamak mudhakar salim, isim tasniyah, asmaul khomsah

ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob rofa’ dan penempatan tanda-tanda I’rob rofa’

ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Tanda-tanda i’rob rofa
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif  isim mufrod, jamak taksir dan jamak muannas salim, jamak mudhakar salim, isim tasniyah, asmaul khomsah beserta contoh-contohnya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
5.
XVII-XXI
(lima kali pertemuan)
ð Tanda i’rob nashob
(fathah, alif,kasroh,  ya, mbuang nun)




ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif  I’rob nashob, tanda-tanda I’rob Nashob dan penempatanya

ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif  Syai’


ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob nashob dan penempatan tanda-tanda I’rob nashob





ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Tanda-tanda i’rob Nashob dan penempatannya
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif syai’ dan contohya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya

6.
XXII-XXVII
(enam kali pertemuan)
ð Tanda i’rob khofd/jer
(kasroh, ya, fathah)
ð  
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif I’rob khofd tanda-tanda I’rob Khofd/jer  dan penempatanya

ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif  isim ghoiru munshorif


ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob khofd dan penempatan tanda-tanda I’rob khofd

ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob khofd dan penempatan tanda-tanda I’rob khofd

ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif  I’rob khofd, Tanda-tanda i’rob khofd dan penempatannya
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif syai’ dan contohya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
7.
XXVIII-XXX
(tiga kali pertemuan)
ð Tanda i’rob jazem (sukun & mbuang nun)
ð  
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif I’rob khofd, tanda-tanda I’rob Jazem dan penempatanya

ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif  af’alul khomsah


ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob jazem dan penempatan tanda-tanda I’rob jazem

ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob jazem dan penempatan tanda-tanda I’rob jazem

ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif  I’rob jazem, Tanda-tanda i’rob jazem dan penempatannya
ü Menuliskan dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif af’alul khomsah  dan contohya
ü Setelah selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
8.
EVALUASI

Kesugihan, 29 Oktober  2014
TTD


Tim Penyusun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal Bakti Sosial Pengadaan Mobil Layanan Kesehatan

      PROPOSAL BAKTI SOSIAL PENGADAAN MOBIL LAYANAN KESEHATAN RANTING NU SUMINGKIR TAHUN 2022/2023       ...