STANDAR ACUAN TAKTIS
TAKROR NAHWU KELAS 1 ULA DOK-TREN AL
IHYA’ULUMADDIN
NO
|
PERTEMUAN
KE-
|
KOMPETENSI
YANG HARUS DIKUASAI
|
INDIKATOR
|
METODE
PEMYAMPAIAN
|
1.
|
I
(satu
X pertemuan)
|
ð Sejarah ilmu Nahwu (latar belakang dan
pengarang)
ð Ta’rif ilmu Nahwu dan ruang lingkup/obyek pembahasan
ð Kegunaaan mempelajari ilmu Nahwu
|
ü Mampu menyebutkan latar
belakang adanya ilmu Nahwu dan
menyebutkan pengarangnya.
ü Mampu
menyebutkan/melafalkan ta’rif nahwu
(etimologi & epistemologi), ruang
lingkup/obyek pembahasan Kegunaaan mempelajari ilmu Nahwu
|
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi, Sejarah ilmu Nahwu (latar belakang dan pengarang), Ta’rif ilmu
Nahwu dan ruang lingkup/obyek
pembahasan ,Kegunaaan mempelajari ilmu Nahwu
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara
bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
2.
|
II-VI
(Lima
X pertemuan)
|
ð Ta’rif kalam
ð Macam-macam kalam/kalimat
ð Ta’rif isim, fi’il & huruf
ð Ciri-ciri isim, fi’il, & huruf
|
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti kalam
ü Mampu menyebutkan macam-macam kalam
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti kalimah fi’il. Isim, dan huruf
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ciri-ciri fi’il, isim, dan huruf
|
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab
yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif
kalam, Macam-macam kalam/kalimat, Ta’rif isim, fi’il & huruf Ciri-ciri
isim, fi’il, & huruf
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara
bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
3.
|
VII-X
(empat
kali pertemuan)
|
ð Ta’rif i’rob
ð Macam-macam i’rob
ð Ta’rif i’rob rafa’,
nashob, jer/khofd, jazem
ð I’rob mukhtas & ghoiru mustarok
|
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti I’rob
ü Mampu menyebutkan Dan hafal Macam-macam i’rob
ü Mampu menyebutkan Dan hafal arti I’rob rafa’, nashob,
jer/khofd, jazem, I’rob mukhtas & ghoiru mukhtas
|
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab
yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Ta’rif
i’rob, Macam-macam i’rob, Ta’rif i’rob
rafa’, nashob, jer/khofd, jazem, I’rob mukhtas & ghoiru mukhtas
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara bersama-sama
minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
4.
|
XI-XVII
(tujuh
kali pertemuan)
|
ð Tanda-tanda i’rob rofa’
(Dlomah, wawu, alif, dan nun)
|
ü Mampu menyebutkan Dan hafal tanda-tanda I’rob rofa’ dan penempatanya
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif isim mufrod, jamak
taksir dan jamak muannas salim, jamak mudhakar salim, isim tasniyah, asmaul
khomsah
ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh
I’rob rofa’ dan penempatan tanda-tanda I’rob rofa’
|
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab
yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Tanda-tanda i’rob rofa’
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif isim
mufrod, jamak taksir dan jamak muannas salim, jamak mudhakar salim, isim
tasniyah, asmaul khomsah beserta contoh-contohnya
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara
bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
5.
|
XVII-XXI
(lima
kali pertemuan)
|
ð Tanda i’rob nashob
(fathah, alif,kasroh, ya, mbuang nun)
|
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif I’rob nashob, tanda-tanda
I’rob Nashob dan penempatanya
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif Syai’
ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh
I’rob nashob dan penempatan tanda-tanda I’rob nashob
|
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab
yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi Tanda-tanda i’rob Nashob dan penempatannya
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif syai’ dan contohya
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara
bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
6.
|
XXII-XXVII
(enam
kali pertemuan)
|
ð Tanda i’rob khofd/jer
(kasroh, ya, fathah)
ð
|
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif I’rob khofd tanda-tanda I’rob
Khofd/jer dan penempatanya
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif isim ghoiru munshorif
ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh
I’rob khofd dan penempatan tanda-tanda I’rob khofd
ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh
I’rob khofd dan penempatan tanda-tanda I’rob khofd
|
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab
yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi
ta’rif I’rob khofd, Tanda-tanda i’rob khofd dan penempatannya
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif syai’ dan contohya
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara
bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
7.
|
XXVIII-XXX
(tiga
kali pertemuan)
|
ð Tanda i’rob jazem (sukun
& mbuang nun)
ð
|
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif I’rob khofd, tanda-tanda I’rob Jazem dan penempatanya
ü Mampu menyebutkan Dan hafal ta’rif af’alul khomsah
ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh
I’rob jazem dan penempatan tanda-tanda I’rob jazem
ü Dapat memberikan dan menunjukan contoh I’rob
jazem dan penempatan tanda-tanda I’rob jazem
|
ü Membacakan/memaknai kitab al jurumiyah ala pesantren sesuai dengan bab
yang akan dibahas
ü Santri wajib ngasahi kitab Al jurumiyah
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif I’rob jazem, Tanda-tanda
i’rob jazem dan penempatannya
ü Menuliskan
dipapan tulis,atau mendiktekan & menjelaskan materi ta’rif af’alul khomsah dan contohya
ü Setelah
selesai menulis santri ditekankan untuk membaca tulisannya secara
bersama-sama minimal 1 X
ü Memberi kesmpatan santri untuk berytanya
|
8.
|
EVALUASI
|
TTD
Tim
Penyusun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar