Selasa, 30 Oktober 2018

Kajian Kitab Riyadul Badi'ah Bab MANDI (GP. Ansor Sumingkir)

BAB   MANDI

باب الغسل
    لا يجب الغسل على الحي إلا بالجنابة أو الولادة ولو من غير بلل أو انقطاع الحيض أو النفاس، وتحصل الجنابة إما بدخول الحشفة أو مقدارها في قبل أو دبر ولو لبهيمة وإن لم يحصل إنزال، وإما بنزول المني ولو بغير إيلاج كالحاصل في النوم.
Bab Mandi
Tidak diwajibkan mandi kepada orang yang hidup kecuali Mandi Junub atau Mandi karena sebab melahirkan, walaupun melahirkan tanpa ada cairan basah (Kering), atau Mandi karena telah putus / berhenti dari Haid atau Nifas.
Dan tercapai /terjadinya (Hukum) Junub itu: apakah karena memasukan batang kemaluan atau ukuran kemaluan ke lobang yang depan (Qubul/Farji) atau Lobang yang belakang (Dubur/Anus), walaupun (qubul/Dubur) milik binatang, dan walaupun tidak sampai keluar air mani.
Dan (Wajaib Mandi Junub) dengan sebab keluar Air mani, walau tanpa dimasukan (ke dubur/Qubul), sebagaimana yang dicapai ketika waktu tidur (yaitu mimpi basah).
Wallahu A’lam.

Qori:  K. Mahmud
Katib: Hilal Musoli


1. Apakah mata termasuk anggota Badan yang wajib dibasuh, bila junub?

Jawaban
Mata tidak wajib dibasuh ketika wudlu maupun mandi janabat. Mata yang dimaksud adalah mata bagian dalam(bola mata)

Dasar pengambilan Kitab Is’adur Rafiq juz 1 halaman 75:

   أَمَّا بَاطِنُهُ كَبَاطِنِ العَيْنِ وَالفَمِ وَالأنْفِ وَإنْ ظَهَرَبِنَحْوِ قَطْعٍ. إذِ العِبْرَةُ بِالأصْلِ. إِنَّمَا جُعِلَ فِى النَّجَاسَةِ ظَاهِرًا لِغَلَظِهضا, فَلاَ يَجِبُ غَسْلُهُ
   “Adapun bagian dalam dari muka, seperti bagian dalam mata, mulut dan hidung, meskipun nampak karena terpotong. Karena pandangan hukum adalah pada asalnya, dan sesungguhnya bagian dalam tersebut dikenakan hukum najis pada lahirnya adalah karena najis yang berat, maka bagian dalam tersebut tidak wajib dibasuh.

مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج1/ 68
وخرج بظاهر داخلُ الفم والأنف والعين فإنه لا يجب غسل ذلك قطعاً، بل ولا يستحب غسل داخل العين، بل صرَّح بعضهم بالكراهة للضرر. ولكن يجب غسل ذلك إن تنجّس، والفرق غلظ النجاسة بدليل أنها تزال عن الشهيد إذا كانت من غير دم الشهادة
“tidak termasuk anggota luar adalah bagian dalam mulut, hidung, Dan mata karena sesungguhnya hal tersebut tidak wajib dibasuh…”

2.      Bagimana Hukumnya mandi janabah dengan dicicil?
Jawaban : boleh
Dasar pengambilan :
فتح المعين بشرح قرة العين وحاشية إعانة الطالبين ج 1 ص 75 | مكتبة دار إحياء
 ولو نَوَى رَفْع الجَنَابَةِ وغَسَلَ بَعْضَ البَدَنِ ثم نام فاستيْقَظَ وأرادَ غَسْلَ الباقي لم يَحْتَجْ إلى إعَادَةِ النيّة. (قوله لم يحتج إلى إعادة النية) أي لعدم اشتراط الموالاة فيه، بل هي سنة فقط كما صرح به في المنهاج في باب التيمم. إهـ

Seandainya seseorang berniat mengangkat hadats janabah dan dia mandi pada sebagian badan lalu tidur, kemudian dia bangun dan menghendaki memandikan anggota badan yang tersisa maka demikian tidak memerlukan mengulangi niat. (Sayyid al-Bakriy al-Dimyathiy menjelaskan redaksi pengarang : "maka demikian tidak memerlukan mengulangi niat") ; demikian karena di dalam hal mandi tidak disyaratkan ber-muwalah, bahkan ia sunnah belaka sebagaimana dijelaskan di dalam al-Minhaj pada bab Tayammum. Selesai

3.      Apakah pemasangan  KB IUD atau sepiral wajib mandi janabah?
Jawaban ditafsil :
ð  Ketika dalam pemasangan alat KB terjadi inzal (keluar mani) maka wajib mandi janabah
ð  Ketika dalam pemasangan tidak terjadi inzal (keluar mani) maka tidak wajib mandi

Dasar pengambilan:
[ Matan Abii Sujaa' Juz 1 halaman 21-23 ]
 ( فصل ) والذي يوجب الغسل ستة اشياء ثلاثة تشترك فيها الرجال والنساء وهي التقاء الختانين وإنزال المني والموت وثلاثة تختص بها النساء وهي الحيض والنفاس والولادة
PASAL ] Yang mewajibkan mandi ada enam perkara, yang tiga dialami oleh pria dan wanita yaitu bertemunya dua alat kelamin (bersetubuh), keluarnya mani (meskipun lewat mimpi), dan mati. Sedang yang tiga lainnya hanya dialami oleh kaum wanita yakni Haid, Nifas dan melahirkan.




4.      Apa yang dimaksud meratakan air keseluruh badan? Apakah harus munggunakan air yang baru atau cukup dengan meratakan air yang sudah menempel dibadan?

Jawaban:


Fatwa syeh ali bin abdulloh ali tsani

واعلم أيها الأخ الكريم: أن الغسل هو صب الماء على البدن، ولا يجب الدلك في الغسل على ما رجحه أكثر أهل العلم، بل يكفي حصول اليقين أو غلبة الظن بأن الماء قد وصل إلى جميع البدن، وانظر لذلك الفتوى رقم: 35297.
لتحصيل الغسل الشرعي الواجب، فإنه لا يلزم المكلف إلا إفاضة الماء على جميع بدنه، ويكفي أن تحصل له غلبة الظن بأن الماء قد عم جميع البدن، جاء في الروض المربع مع حاشيته لابن قاسم: ويكفي الظن في الإسباغ على الصحيح من المذهب، لحديث عائشة: حتى إذا ظن أنه قد أروى بشرته والإسباغ الإبلاغ. انتهى.
وفي حاشية إعانة الطالبين على فتح المعين في الفقه الشافعي: ولا يجب تيقن عموم الماء أي استيعابه جميع العضو. بل يكفي غلبة الظن به أي بعموم الماء جميع العضو. انتهى.


http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=126996


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal Bakti Sosial Pengadaan Mobil Layanan Kesehatan

      PROPOSAL BAKTI SOSIAL PENGADAAN MOBIL LAYANAN KESEHATAN RANTING NU SUMINGKIR TAHUN 2022/2023       ...