SILABUS DAN MATERI KEGIATAN
PRAMUKA PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN MTs. MINAT
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Kegiatan
|
1
|
1. Memahami
sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka
dalam segala aspek kehidupan
|
1.1. Mengetahui sejarah singkat
pramuka dunia
|
1.1.
Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia
|
Sejarah
kepramukaan dan kode
kehormatan
Pramuka
|
1.2. Mengetahui sejarah singkat
pramuka di Indonesia
|
1.2.
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|||
1.3. Mengetahui dan mengamalkan
Tri satya pramuka dan Dasa Dharma dalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi
Satya Pramuka dalam
kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat
|
||||
2
|
2. Memahami
makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1. Memperagakan
gerak lanjutdalam
PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2. Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan
upacara Penggalang di lapangan
|
|||
3
|
3. Memahami
macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1. Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-
macam
SANDI
|
Huruf
SANDI
|
3.2. Mengetahui fungsi bendera
Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi
bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3. Memperagakan bendera
semaphore dengan benar
|
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
|||
4
|
4. Memahami
manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1. Menggunakan pedoman kompas dengan
benar
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman
kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1. Membuat macam-macam simpul tali dan
menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2. Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|||
5.3. Mengetahui cara dan praktek
mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1. Mengetahui bentuk dan kegunaan api
unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api
unggun
|
6.2. Membuat miniatur api unggun di
lapangan sekolah
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1. Membuat resep / bumbu masakan /
rujak-an sederhana
|
7.1 Membuat
resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata
boga
|
7.2. Latihan memasak tingkat
lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2 Latihan
memasak
tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1. Membuat kerajinan dari jerami /
dedaunan (atap gubug)
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami/dedaunan (atap
gubug)
|
Hasta
karya
Pramuka
|
8.2. Membuat kerajinan dari alam
sekitar / barang bekas
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1. Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang
Gerakan Pramuka dan
Struktur
kepramukaan
|
9.2. Mengetahui definisi struktur
organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|||
9.3. Membentuk kepengurusan regu
|
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
|||
10
|
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1. Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah
dan mufakat Pramuka
|
10.2. Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|||
11
|
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1. Mengetahui berbagai tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2. Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|||
12
|
12.
Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1. Mengetahui arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2. Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|||
13
|
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1. Mengetahui pengertian dasar
jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah
alam dan out bout
|
13.2. Mengetahui macam-macam jenis out
bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|||
13.3. Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1. Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu
wajib dan daerah
|
14.2. Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|||
15
|
15.
Memahami makna bakti karya Penggalang.
|
14.3. Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti
karya
|
14.4. Bakti karya Penggalang untuk desa
|
15.2
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAKIT
GUGUS DEPAN MTs. MINAT
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode
kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1. Mengetahui sejarah singkat pramuka
dunia
|
·
Menyebutkan tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
·
Menyebutkan organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2. Mengetahui sejarah singkat pramuka
di Indonesia
|
·
Menjelaskan Sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
||
·
Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3. Mengetahui dan mengamal kan
Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah &
masyarakat
|
·
Menjelaskan isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan
Trisatya
|
|
·
Menerapkan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan
kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG
|
1.4. Memperagakan gerak lanjut
dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
|
·
Latihan PBB dasar
|
PBB
dan Latihan
Upacara
|
1.5. Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
·
Latihan sikap sempurna sampai gerak jalan
|
||
·
Menulis langkah-langkah upacara
|
|||
·
UpacaraPenggalang
|
|||
2.
Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
2.1. Mengetahui macam-macam SANDI
|
·
Mengungkapan Isi suatu SANDI
|
SANDI
dan
SEMAPHORE
|
2.2. Mengetahui fungsi bendera
Semaphore
|
·
Menyebutkan fungsi SANDI dan semaphore
|
||
2.3. Memperagakan bendera semaphore
dengan benar
|
·
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
3.
Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1. Menggunakan pedoman kompas dengan
benar
|
·
Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah
|
Pedoman
Kompas
|
4.
Memahami penggu naan tali,
cara mendirikan tenda dan berkemah
|
4.1. Membuat macam-macam simpul tali
dan menyambung tongkat
|
·
Membuat beragam simpul tali
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
4.2. Membuat tandu dan kaki tiga
|
·
Menyambung tongkat
|
||
4.3. Mengetahui cara dan praktek mendirikan
tenda
|
·
Membuat tandu
|
||
·
Membuat kaki 3
|
|||
·
Menyebutkan cara mendirikan tenda
|
|||
·
Mendirikan tenda
|
|||
5.
Memahami arti dan manfaat
api unggun dalam ke pramukaan
|
5.1. Mengetahui bentuk dan kegunaan api
unggun dalam berkemah
|
·
Menyebutkan kegunaan api unggun
|
Api
unggun
|
5.2. Membuat miniatur api unggun di
lapangan sekolah
|
·
Membuat miniatur api unggun di SD
|
||
6.
Memahami resep dasar
memasak
|
6.1. Membuat resep / bumbu masakan /
rujak-an sederhana
|
·
Membuat resep rujak an dan sayuran
|
Tata
Boga
|
6.2. Latihan memasak tingkat
lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
·
Memasak sayuran dan membuat lauk pauk
|
||
7.
Memahami cara membuat
hasta karya
|
7.1. Membuat kerajinan dari jerami /
dedaunan (atap gubug)
|
·
Membuat anyaman atap gubug
|
Hasta
karya
Pramuka
|
7.2. Membuat kerajinan dari alam
sekitar / barang bekas
|
·
Membaut sendal kayu
|
||
8.
Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
8.1. Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
·
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan
struktur
kepramukaan
|
8.2. Mengetahui definisi struktur organisasi
pramuka sekolah
|
·
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
8.3. Membentuk kepengurusan regu
|
·
Membuat pengurus regu
|
||
9.
Memahami definisi
musyawarah dan mufakat pramuka
|
9.1. Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana
|
·
Menjelaskan arti
musyawarah dan
mufakat
|
Musyawarah
&
mufakat
pramuka
|
9.2. Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
·
Bermusyawarah membuat jadwal latihan
|
||
10.
Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
10.1. Mengetahui berbagai tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
·
Membuat tanda jejak dan peta penjelajahan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
10.2. Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan
|
·
Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah
|
||
11. Memahami definisi dan
praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
·
Menjelaskan arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
·
Menyebutkan cara
praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
·
Praktik PPGD/P3K
|
||
12. Memahami definisi jelajah
alam dan outbond
|
12.1. Mengetahui pengertian dasar
jelajah alam dan outbond
|
·
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah
alam dan
Outbound
|
12.2. Mengetahui macam-macam jenis out
bound
|
·
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
12.3. Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
·
Penjelajahan dan out bound
|
||
13. Memahami macam-macam
lagu wajib dan lagu
daerah.
|
13.1. Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
·
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib
dan
daerah
|
13.2. Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar
|
·
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
·
Menyanyikan 2 lagu daerah
|
|||
14. Mengetahui makna bakti
karya penggalang
|
14.1. Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
·
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti
Karya
PENGGALANG
|
14.2. Bakti karya Penggalang untuk desa
|
·
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS
KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG TERAP
GUGUS DEPAN MTs.
MINAT
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka
dalam segala aspek kehidupan
|
1.1. Mengetahui sejarah singkat pramuka
dunia
|
·
Menganalis nilai-nilai perjuangan para tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan
kode
kehormatan
Pramuka
|
·
Menganalisis peran organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2. Mengetahui sejarah singkat pramuka
di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan sejatah pramuka Indonesia
|
||
·
Mengidentifikasi nilai-nilai kepramukaan pada tokoh
pramuka Indonesia
|
|||
1.3. Mengetahui dan mengamal kan
Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam
kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat
|
·
Menganalisis isi Tri Satya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan
Trisatya
|
|
·
Memberikan contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
|||
2.
Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam
pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan dalam
upacaraPENGGALANG
|
2.1. Memperagakan gerak lanjut
dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
|
·
Latihan PBB lanjutan
|
PBB
dan Latihan
Upacara
|
2.2. Memperagakan upacara
Penggalang di lapangan
|
·
Menulis langkah-langkah upacara
|
||
·
Latihan petugas upacra
|
|||
·
Mempraktekan UpacaraPenggalag
|
|||
3.
Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1. Mengetahui macam-macam SANDI
|
·
Membuatu contoh SANDI
|
SANDI
dan
SEMAPHORE
|
3.2. Mengetahui fungsi bendera
Semaphore
|
·
Menganalisis kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3. Memperagakan bendera semaphore
dengan benar
|
·
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4.
Memahami kegunaan kompas
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1. Menggunakan pedoman kompas dengan
benar
|
·
Melatih penghitungan dan pengukuran arah yang dituju.
|
Pemnfaatan
Kompas
|
5.
Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1. Membuat macam-macam simpul tali
dan menyambung tongkat
|
·
Mengetahui pembuatn Tandu-Tali Temali.
|
Tali
temali, cara
mendirikan tenda,
dan berkemah
|
5.2. Membuat tandu dan kaki tiga
|
·
Membuat tandu
|
||
5.3. Mengetahui cara dan praktek
mendirikan tenda
|
·
Mendirikan tenda
|
||
6.
Memahami arti dan manfaat api
unggun dalam ke pramukaan
|
6.1. Mengetahui bentuk dan kegunaan api
unggun dalam berkemah
|
·
Menganalisis manfaat api unggun
|
Api
unggun
|
6.2. Membuat miniatur api unggun di
lapangan sekolah
|
·
Membuat miniatur api unggun
|
||
7.
Memahami resep dasar
memasak
|
7.1. Membuat resep makanan ringan
|
·
Membuat resep makanan ringan
|
Tata
Boga
|
7.2. Latihan memasak tingkat
lanjut (membuat makanan ringan)
|
·
Membuat atau memasak makanan ringan
|
||
8.
Memahami cara membuat hasta
Karya
|
8.1. Membuat kerajinan dari jerami /
dedaunan (atap gubug)
|
·
Mampu mengembangkan kreativitas secara mandiri atau
beregu.
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2. Membuat kerajinan dari alam
sekitar / barang bekas
|
·
Membauat kerajinan tangan secara mandiri dan beregu
|
||
9.
Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1. Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
·
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan
pramuka
dan struktur Kepramukaan
|
9.2. Mengetahui definisi struktur
organisasi pramuka sekolah
|
·
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3. Membentuk kepengurusan regu
|
·
Membuat pengurus regu
|
||
10. Memahami definisi
musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1. Mengetahui arti musyawarah secara
sederhana
|
·
Mengindentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
&
mufakat
pramuka
|
10.2. Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
·
Mempraktekan kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1. Mengetahui berbagai tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
·
Membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur
ketinggian yang akan dituju.
|
Panorama
|
11.2. Menggunakan tanda jejak dan peta
dalam kepramukaan
|
·
Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik
kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami definisi dan praktek
P3K
|
12.1. Mengetahui arti P3K
|
·
Mengetahui obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka
ringan.
|
P3K
|
12.2. Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
·
Mengetahui cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada
rekan yang luka ringan.
|
||
12.3. Memperagakan P3K dan PPSD
|
·
Praktik PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi jelajah alam
dan outbond
|
13.1. Mengetahui pengertian dasar
jelajah alam dan outbond
|
·
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah
alam dan
outbound
|
13.2. Mengetahui macam-macam jenis out
bound
|
·
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3. Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
·
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami macam-macam lagu
wajib dan lagu daerah.
|
14.1. Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
·
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2. Menyanyikan lagu wajib dan daerah
dengan lafal dan intonasi yang benar
|
·
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
·
Menyanyikan 3 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
15.1. Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
·
Menganalisis arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti
Karya
PENGGALANG
|
15.2. Bakti karya Penggalang untuk desa
|
·
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pedesaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar